Selasa, Agustus 14, 2007

Rahasia Ngidam


Rahasia Dibalik Ngidam

Mendengar kata 'hamil', benak Anda akan langsung juga ingat kata 'ngidam'. Orang terdekat yang kini sedang hamil pun mungkin tidak lepas dari sasaran pertanyaan Anda yang bertanya, “ngidamnya apa?”

Memang hampir semua ibu hamil merasakan ngidam. Ngidam yang dialami setiap ibu hamil berbeda-beda, ada yang ngidam rujak, mangga muda, makan masakan padang, ngidam masakan ibu sampai juga ngidam yang aneh-aneh. Makanan yang lazim diincar oleh ibu-ibu hamil juga biasanya adalah makanan yang asem, asin dan segar.

Biar pun barangnya sulit didapat, seperti ngidam buah buni atau jamblang, tapi ngidam biasanya harus dipenuhi. Tapi sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan ngidam itu? Dan mengapa orang ngidam identik dengan makanan yang asam dan segar?

Sampai sekarang memang belum diketahui dengan pasti penyebab dari ngidam. Pada perempuan yang sedang hamil biasanya peningkatan hormon, salah satunya progesteron. Peningkatan hormon ini berpengaruh pada fungsi dan metabolisme tubuh, dan salah satunya adalah pada pencernaan serta produksi air liur.

Dengan meningkatnya produksi air liur pada awal kehamilan, ibu-ibu hamil jadi sering meludah dan timbul rasa logam dan 'berat' di mulut. Maka tidak jarang pada masa awal kehamilan sering mengalami mual-mual dan muntah. Untuk menetralisir keadaan tersebut makanan yang asem dan segar seringkali menjadi sasaran.

Tidak usah khawatir untuk mengkonsumsi makanan tersebut, selama Anda memakannya masih dalam porsi yang wajar.

sumber:hanyawanita.com